Iklan

Friday, August 6, 2010

Berita Dhamma Masa Vassa di Vihara Tanda Bhakti Bandung



Di tahun Buddha 2554 terhitung sejak sang Buddha sakyamuni Buddha Parinirvana. Kali ini pada masa vassa (saat seorang Bhikkhu berdiam diri selama 3 bulan di vihara).

Bagi seorang Bhikkhu Sangha adalah kewajiban,maka tahun ini vihara Tanda Bhakti Bandung mendapatkan kunjungan Dhamma dan telah tinggal seorang Bhikkhu,dengan indentitas sebagai berikut:

Data diri:
Nama :Y.M.Bhante Candasilo
(sangha Agung Indonesia)
Nama kecil :Tjung Teck
Tempat/Tgl.lahir :Medan 13 mei 1969
Upasampada di :Wat Thum Pho,Buriram Propinsi Thailand,tahun 2006
Upasaka di :Vihara Borobudur,jl.Imam Bonjol no.21 Medan.
(Murid dari Y.M.Bhante Jinadhammo Mahathera.)
Perna ikut Pabbajja samanera di vihara kassapa di langkat,Medan Sumatera utara.
Nama Upajaya :long Pho Authapanno Mahathera.
ACariya :Achan Tik Mahathera.

Pendidikan Formal:

SD : LULUS SD Sekolah Hayam Wuruk,Medan
SMP : LULUS SMP Sekolah W.R.Supratman,Medan
SMA : LULUS SMA Sekolah W.R.Supratman,Medan

Perna kuliah:
- Agama Buddha di Institut Ilmu Agama Buddha Smaratungga,Boyolali cabang Medan.(sudah jadi Bhikkhu),sudah lulus S.1
-Di Physicology di USU(Universitas Sumatera Utara) Dengan cara kuliah melalui computer Internet online.
-Tahun 2010 sedang mengikuti kuliah di sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha "Tanah suci",pimpinan Suhu Beny di vihara Avalokitesvara,komplek Perumahan cemara Asri,Medan

Kegitan Selama Masa Vassa 2554 BE/2010

Pesan Bhante : kita umat dan simpatisan dengan penuh perasaan Metta agar Selama bhante menjalani masa Vassa di vihara Tanda Bhakti Bandung,demi kemajuan Umat Buddha di vihara Tanda Bhakti Bandung khususnya dan umat Buddha kota Bandung pada umumnya,beliau mengundang dan mengajak umat seluruhnya untuk bersama-sama melatih diri dengan ;ikut Buddhist chanting pagi dan malam (kebhaktian,aktif dalam kegiatan sosial Spiritual,kunjungan ke panti sosial anak terlantar,panti wredha rumah orang tua jompo,ke penjara (lembaga pemasyarakatan) dan sebaginya.dan memberi kesempatan kepada umat Buddha untuk berdana makanan kepada Bhikkhu.Setiap pagi dan PINDAPATTA.

Rencana jadwal kegiatan Bhante candasilo selama Melaksanakan Vassa di vihara Tanda Bhakti,Bandung (Tanggal 25 juli 2010 S/D 27 oktober 2010):
  1. Pindapatta (menerima persembahan dana makanan)pukul 07.00 pagi (setiap hari)
  2. Morning Chanting (Pembacaan Paritta pagi),setiap hari pukul 08.00.Bagi umat yang berminat dapat mengikutinya,di Bhaktisala vihara Tanda Bhakti,Bandung.
  3. Setiap hari latihan Meditasi,Bagi umat yang berminat di perkenankan belajar meditasi selama 1 jam yaitu jam 15.00-16.00 dengan bimbingan Bhante,dilanjutkan dengan diskusi dan tanyak jawab selama 30 menit.
  4. Chanting malam (Pembacaan Paritta malam),setiap hari ,pukul 19.00,terus Meditasi,Tanya jawab dengan Bhante tentang Meditasi dan Agama Buddha Umum selama 60 menit dan selesai pukul 21.00 wib.
  5. Rencana Bhante membentuk Panitia Pindapatta Massal,mengumpulkan makanan kaleng/makanan kering,sembako, dan uang,dimana hasil dari semua nanti rencana di sumbangkan ke Yayasan Sosial,Panti Rumah Orang Tua jompo,Panti Asuhan anak Terlantar,ke penjara/Rumah lembaga Pemasyarkatan.
  6. Pindapatta bunga(sesuai dengan cerita riwayat Buddha setelah akhir Vassa)memberikan Bunga.
PENGURUS KEBAKTIAN DAN BACA KITAB SUCI-LIAM KENG
VIHARA TANDA BHKATI(SENG ONG BIO)
JL,VIHARA NO.3(JL.KELENTENG)
BANDUNG-KODE POS 40181.
TEL.(022)6001445.


No comments:

Post a Comment